[24/12/18] Tentang Rentang Kisah Karya Gita Savitri Devi

https://www.instagram.com/p/BrsXtcHBahk/
“Aku sangat bangga karena aku bisa mendefinisikan sendiri apa itu kesuksesan dan kebahagiaan versi pribadi. Dan aku sudah membuktikan, kesuksesan bisa didapat, kebahagiaan bisa selalu dirasa, kalau kita tahu caranya bersyukur.”

Informasi Buku
Judul: Rentang Kisah
 

Penulis: Gita Savitri Devi
Penerbit: Gagas Media
Bahasa: Indonesia
ISBN: 9789797809034
Tahun publikasi: 2017
Cetakan: pertama 

Buku: pinjaman dari teman
Jumlah halaman: 216 halaman
Temukan buku ini di Goodreads


Blurb
Apa tujuan hidupmu?
Kalau itu ditanyakan kepadaku saat remaja, aku pasti nggak bisa
menjawabnya. Jangankan tujuan hidup, cara belajar yang benar saja aku nggak tahu. Setiap hari aku ke sekolah lebih suka bertemu teman-teman dan bermain kartu. Aku nggak tahu apa yang menjadi passion-ku. Aku sekadar menjalani apa yang ibu pilihkan untukku—termasuk melanjutkan kuliah di Jerman.

Tentu bukan keputusan mudah untuk hidup mandiri di negara baru. Selama 7 tahun tinggal di Jerman, banyak kendala aku alami; bahasa Jerman yang belum fasih membuat proses perkuliahan menjadi berat, hingga uang yang pas-pasan membuatku harus mengatur waktu antara kuliah dan kerja sambilan.

Semua proses yang sulit itu telah mengubahku; jadi mengenal diri sendiri, mengenal agamaku, dan memahami untuk apa aku ada di dunia. Buatku, kini hidup tak lagi sama, bukan hanya tentang aku, aku, dan aku. Tapi juga, tentang orangtua, orang lain, dan yang paling penting mensyukuri semua hal yang sudah Tuhan berikan.

The purpose to live a happy life is to always be grateful and don’t forget the magic word: ikhlas, ikhlas, ikhlas.

Menurut Farah Tentang Buku Ini
"Persinggungan" pertamaku dengan influencer & youtuber yang sekarang berdomisili di Jerman ini terjadi berkat seorang teman yang lucunya juga bernama Gita. Temanku yang satu ini sudah mengikuti Gitasav cukup lama dan sering berbicara tentang konten video Gita yang dia nilai cukup menarik. Aku sendiri baru benar-benar mengikuti konten Gitasav di Youtube setelah Gita merilis rangkaian video yang bertajuk 'PAGI PAGI'. Gita sendiri menyebut rangkaian video ini sebagai podvid (gabungan antara podcast dan video). Kenapa podvid? Karena dalam video yang berdurasi lumayan lama ini, Gita dan Paul, suaminya, akan berbincang panjang lebar tentang beragam topik yang mereka pilih untuk dibahas dalam episode kali itu. Dari 10 episode dalam seri 'PAGI PAGI' sejauh ini, episode 5 dan 7 adalah episode favoritku;




Dua video ini menjadi favoritku karena aku memiliki pandangan yang sama dengan Paul&Gita dalam hal menolak untuk melihat sesuatu hanya menjadi hitam dan putih. Seringkali suatu hal tidak se-simple itu. Beberapa hal terkadang ada di area abu-abu dan aku rasa orang-orang harus belajar menerima kenyataan ini. Terima kasih kepada dua video ini, akhirnya aku penasaran ingin membaca buku Rentang Kisah.

Rentang Kisah adalah sebuah bacaan menarik & lumayan eye-opening untuk para pembaca yang setia mengikuti sepak terjang Gita lewat berbagai videonya di Youtube dan media sosial lain seperti Instagram. Dalam Rentang Kisah, pembaca seolah melihat sisi lebih personal dari seorang Gitasav. Buku 216 halaman ini didominasi oleh cerita "buka-bukaan" Gita tentang lika-liku yang dia alami sebelum dan selama masa studinya di Jerman. Ditulis dengan bahasa santai, Rentang Kisah menjadi bacaan cepat dan tidak menguras waktu. Cerita-cerita jujur dan penuh kontemplasi ini akan membuat para pembaca sadar bahwa ada banyak naik dan turun yang harus Gita lalui sebelum menjadi sosoknya yang sekarang. A person is so much more than what you (only) see and perceive in social media guys.

Tidak hanya cerita-cerita personal, di akhir buku Rentang Kisah pembaca juga dapat menemukan beberapa tulisan dari blog pribadi Gita. Kalau belum, aku sarankan untuk membaca blog Gita sekarang di sini. Ada banyak tulisan menarik dan menggelitik di blog ini. Kalau dibandingkan dengan cerita-cerita pembuka dalam Rentang Kisah yang cenderung tenang dan penuh pertimbangan, tulisan-tulisan yang dikutip dari blog Gita lebih terasa berapi-api dan "menampar" pembaca. Aku pribadi lebih menyukai tulisan-tulisan pedas ini. (Read her post titled Generasi Tutorial, a personal favourite of mine)

Apakah aku akan merekomendasikan buku ini untuk pembaca yang sama sekali tidak tahu apa-apa tentang Gitasav? Untuk pembaca jenis ini, aku sarankan agar menonton berbagai video Gita di akun Youtube-nya terlebih dahulu (Try this video guys!). Aku rasa pembaca bisa lebih relate dengan kisah yang ditawarkan dalam buku ini setelah mereka familiar dengan sosok Gitasav yang terlihat dalam video-videonya. Rentang Kisah pada akhirnya memang merupakan buku kumpulan cerita personal yang membuat orang-orang dapat melihat sisi lain yang lebih manusiawi dari seorang Gitasav.

Rating
3,5/5
Share:

Posting Komentar

Halo! Tidak perlu segan atau ragu kalau ingin meninggalkan komentar ya. Aku tidak pernah bosan mencari rekomendasi buku baru dan teman diskusi. Aktifkan notify me/beritahu saya supaya kamu tahu ketika komentarmu dibalas. Aku selalu senang ketika kita bercakap-cakap tentang buku dan kegiatan baca-membaca 😄

Designed by OddThemes | Distributed by Blogger Themes