[11/07/18] Tentang Kakashi Hiden/ Naruto: Kakashi's Story

"My job is to make sure these kids have as many days as they can where they can be idiots like this. Right, that's it, isn't it... Obito?"

Informasi Buku 
Judul: Naruto: Kakashi's Story (Naruto Secret Chronicles #1)
Penulis: Masashi Kishimoto (original creator), Akira Higashirama
Penerjemah: Jocelyn Allen
Penerbit: VIZ Media: SJ Fiction  
Bahasa: Inggris
ASIN: B016XB2A6Q
Tahun publikasi: 2016 (Pertama kali dipublikasikan Maret 2015)
Format buku: E-Book (Kindle Edition
Temukan buku ini di Goodreads

Blurb 
A year has passed since the Fourth Great Ninja War, and Kakashi’s appointment as Hokage looms. But first he heads to the Land of Waves for a dangerous mission rescuing hostages from a top-secret airship. There he confronts a ninja whose heart is frozen by tragedy.
Having lost both his friend’s eye and his greatest abilities, can Kakashi protect anyone from his coldhearted foe? What is the true meaning of the Will of Fire gained in the distant heavens? Kakashi finds these answers and more as he enters a new ninja era.


Menurut Farah Tentang Buku Ini
Kakashi Hiden merupakan buku pembuka dalam rangkaian seri Naruto Hiden. Buku-buku dalam rangkaian seri Naruto Hiden sendiri mengambil latar waktu pasca Perang Dunia Shinobi - 4. Kisah dalam rangkaian buku ini fokus pada kehidupan pasca perang beberapa karakter penting dalam seri Naruto. Sampai saat ini, dari enam buku yang ada baru 3 buku yang secara resmi diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris. Selain Kakashi Hiden, buku kedua dalam seri ini yaitu Shikamaru Hiden dan buku ketiga Sakura Hiden juga sudah bisa dinikmati secara luas dalam Bahasa Inggris.
 
Rangkaian kisah dalam Kakashi Hiden terjadi selang 1 tahun pasca berakhirnya Perang Dunia Shinobi-4. Buku ini dibuka dengan prolog tentang Naruto dan Sai yang sedang melakukan sebuah misi untuk menghentikan Garyo. Seperti yang diungkapkan Sai dalam prolog ini, berakhirnya perang besar tetap saja tidak membuat kejahatan dan masalah mendadak berhenti bermunculan. Orang bernama Garyo ini nantinya akan berkaitan dengan tokoh antagonis utama yang memicu masalah dalam cerita di Kakashi Hiden.
Kisah dalam Kakashi Hiden sendiri dituturkan dengan alur cepat. Meskipun baru berada di bab 3, konflik cerita sudah mulai berlangsung dengan panas. Sama seperti Shikamaru yang mengalami dilema di bab awal Shikamaru Hiden, Kakashi juga mengalami pergolakan batin di bab pembuka Kakashi Hiden. Terlepas dari kenyataan bahwa Kakashi hanya tinggal menghitung hari saja untuk menduduki posisi Hokage ke-6, ninja berbakat ini mendadak dihinggapi keraguan untuk menerima jabatan hokage. Keraguan Kakashi muncul dari karena dia tidak memiliki sharingan lagi. Dituturkan lewat sudut pandang orang pertama yaitu Kakashi sendiri, kita akan merasakan bagaimana dibalik penampilan luarnya yang selalu cool dan tenang, Kakashi sebenarnya bisa kalut juga di dalam hati. 

Aku paham kenapa beberapa orang merasa bahwa Kakashi seolah out of character dalam novel ini. Kita memang tidak pernah secara langsung dihadapkan pada inner monologue personal seorang Kakashi. Monolog karakter dalam pertarungan antar ninja memang sudah akrab bagi para penggemar Naruto. Akan tetapi, karakter Kakashi selalu digambarkan logis, tenang, dan pasif. Terasa tidak biasa memang ketika kita melihat cerita dari sudut pandang personal Kakashi yang terkadang malah cenderung kocak.

Membaca novel ini juga membuatku bernostalgia pada episode awal seri original Naruto. Episode ini juga sering sekali aku lihat diputar di stasiun TV lokal Indonesia. Apa sekarang masih ada?  Seperti yang sama-sama kita ketahui, misi "serius" pertama dari tim 7 adalah misi pengawalan Tazuna ke Land of Waves. Dalam misi ini tim 7 akhirnya berhadapan dengan Momochi Zabuza & Haku. Aku bahkan tidak malu untuk mengakui bahwa aku sempat berkaca-kaca di episode akhir arc ini. Kisah Zabuza & Haku sungguh menyedihkan. Cerita dibalik sebagian besar karakter Naruto lumayan menyedihkan sebenarnya.  Dalam Kakashi Hiden, kita akan berjumpa lagi dengan karakter Tazuna dan Inari. Sungguh sebuah reuni dan nostalgia menyenangkan.

Kalau disuruh memilih novel favorit di antara ketiga novel Naruto Hiden yang sudah aku baca, Kakashi Hiden merupakan favoritku. Kalau dibandingkan dengan 2 novel setelahnya, dari segi klimaks, puncak konflik cerita dalam Kakashi Hiden lebih terasa. Selain itu, minimnya kesalahan dalam penulisan dan tidak adanya rangkaian kalimat kaku juga menjadi nilai tambah buku ini. Hal yang terasa out of place menurutku hanya usaha penulis cerita untuk memasukkan unsur romantisme dalam narasi Kakashi. It's just too late for that now. This guy basically marries his job.

Aku rasa novel ini sedikit banyaknya dapat menjawab pertanyaan oknum-oknum yang meragukan kompetensi Kakashi sebagai hokage di berbagai forum online. Kalau kau termasuk dalam kelompok orang yang tertarik dengan dinamika pertemanan rival abadi Kakashi & Guy, buku ini sepertinya adalah buku untukmu. Ada banyak momen heartwarming dalam persahabatan mereka berdua di novel ini.

Rating
4,2/5
Share:

Posting Komentar

Halo! Tidak perlu segan atau ragu kalau ingin meninggalkan komentar ya. Aku tidak pernah bosan mencari rekomendasi buku baru dan teman diskusi. Aktifkan notify me/beritahu saya supaya kamu tahu ketika komentarmu dibalas. Aku selalu senang ketika kita bercakap-cakap tentang buku dan kegiatan baca-membaca 😄

Designed by OddThemes | Distributed by Blogger Themes