[06/05/18] Tentang Kartun Riwayat Peradaban Jilid 1 Karya Larry Gonick

Hidup sejarah peradaban!
Informasi Buku 
Judul: Kartun Riwayat Peradaban Jilid 1 (Bab 1-7)
Penulis: Larry Gonick
Penerjemah: Frans Kowa
Penerbit: Kepustakaan Populer Gramedia   
Bahasa: Indonesia
ISBN: 9786024241537
Tahun publikasi: 2017 (Pertama kali dipublikasikan tahun 1990)
Cetakan: Ketujuh (Oktober 2017)
Jumlah halaman: 370 halaman
Buku: milik pribadi   
Temukan buku ini di Goodreads

Blurb
Kartunis Larry Gonick mengubah pandangan kita tentang pelajaran sejarah dengan buku ini! Berbagai peristiwa dalam sejarah peradaban manusia disajikan secara dahsyat, menawan, seram, tapi juga kocak--dalam Kartun Riwayat Peradaban Jilid 1: terbentuknya alam semesta, evolusi kehidupan dan manusia, serta kisah peradaban-peradaban awal di Mesir, Timur Tengah, dan Yunani. Saksikan terciptanya musik secara tak disengaja ketika manusia purba membuat alat batu, dibangunnya kota yang bisa meleleh kalau kehujanan, kemenangan segelintir pasukan Yunani atas sejuta tentara Persia berkat strategi jitu, dan aneka kejadian lainnya!  

Menurut Farah Tentang Buku Ini
Pernah berkeinginan untuk mengetahui lebih banyak hal berkaitan dengan fakta sejarah tapi bosan karena uraian buku sejarah yang sebagian besar bertele-tele dan membosankan? Sepertinya buku karya kartunis Larry Gonick ini dapat menjadi salah satu pilihan bacaan untukmu. Dalam buku ini, Gonick menuturkan sejarah peradaban dengan cara semenyenangkan mungkin sejarah bisa diuraikan. Kartun Riwayat Peradaban terdiri dari 3 jilid buku yang merangkum sejarah peradaban manusia mulai dari teori ledakan besar yang membentuk semesta ini sampai ke naik dan runtuhnya berbagai kerajaan dan kelompok masyarakat serta makhluk hidup yang pernah menghuni bumi tercinta kita ini.

Kartun Riwayat Peradaban jilid 1 terdiri dari 7 bab yang merangkum peristiwa ledakan besar sampai era berjayanya Alexander Agung;
  • Bab 1 yang bertajuk "Evolusi Segalanya" merangkum sejarah dari teori terbentuknya semesta lewat peristiwa big bang dan evolusi secara bertahap makhluk hidup di bumi. Evolusi ini dimulai dari makhluk hidup bersel satu sebagai organisme paling sederhana sampai ke makhluk hidup tingkat tinggi yang akhirnya berevolusi menjadi manusia.
  • Bab 2 yang diberi judul "Tongkat dan Batu" menguraikan sejarah panjang perkembangan manusia dari bentuk paling primitifnya yang masih hidup nomaden dan berburu untuk mencari makan menjadi manusia yang hidup dalam komunitas harmonis yang menjalankan hidup dengan teratur lewat barter dan menjalankan pemerintahan.
  • Bab 3 "Dunia Sungai" menjelaskan tentang peradaban kuno Sumeria dan Mesir.
  • Bab 4 "Nukilan Perjanjian Lama" membahas tentang sepak terjang bangsa Yahudi.
  • Bab 5 yang berjudul "Otak dan Perunggu" sendiri membahas bangsa Yunani dengan segala keanehan, kesadisan, dan filsuf-filsufnya.
  • Bab 6 "Siapakah Orang-Orang Athena" menguraikan tentang perang Yunani dengan Kerajaan Persia.
  • Bab 7 "Segalanya Tentang Athena" masih menguraikan tentang perang antara Yunani dan Persia sampai pada peristiwa kemunculan Alexander Agung. 

Buku ini menyenangkan untuk dibaca karena gambar-gambarnya yang mudah dimengerti serta lucu dan penggunaan bahasa yang cenderung santai dan penuh dengan humor satir. Buku ini adalah tipe buku yang harus dibaca dan diresapi perlahan-lahan karena meskipun sudah dibuat dalam format sesantai mungkin, membaca terlalu banyak sejarah dalam satu hari memang akan membuat pusing juga.

Aku merekomendasikan buku ini untuk pembaca yang ingin mempelajari sejarah peradaban manusia dengan santai dan menyenangkan.
 
Rating
4/5
Share:

Posting Komentar

Halo! Tidak perlu segan atau ragu kalau ingin meninggalkan komentar ya. Aku tidak pernah bosan mencari rekomendasi buku baru dan teman diskusi. Aktifkan notify me/beritahu saya supaya kamu tahu ketika komentarmu dibalas. Aku selalu senang ketika kita bercakap-cakap tentang buku dan kegiatan baca-membaca 😄

Designed by OddThemes | Distributed by Blogger Themes